Kunci Jawaban Tematik SD Kelas 4 : Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 1 (halaman 1)
Ayo Membaca
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya. Berikut adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia. Bacalah teks berikut dalam hati!
Pawai Budaya
(1) Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.
(2) Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
(3) Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
(4) Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.
(5) Udin dan temanteman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.
Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!
Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1?
Warga Kampung Babakan sangat tertarik dengan Pawai Budaya yang menampilkan keragaman budaya Indonesia.
|
Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.
Perhatikan diagram berikut ini!
Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.
Gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf 3 :
Budaya Bali dalam Pawai Budaya.
|
Rombongan dari Bali mengenalkan budaya dan alat musik daerahnya yaitu Ceng-Ceng.
|
Gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf 4 :
Budaya Toraja dalam Pawai Budaya.
|
Rombongan dari Toraja mengenalkan budaya berupa pakaian adat wanita dan laki-laki serta alat musiknya yaitu Pa’pompang.
|
Gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf 5 :
Kebudayaan Indonesia sangat kaya dan beragam.
|
Semua orang sangat senang dengan Pawai Budaya yang menampilkan keragaman budaya di Indonesia.
|
Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya,
agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib
menghargai keberagaman tersebut.
Ayo Berlatih
Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi
tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!
Sebutkan!
No
|
Nama Siswa
|
Daerah Asal
|
Ciri Khas Daerah
|
1
|
Siti
|
Padang
|
Rendang,
Rumah Gadang
|
2
|
Udin
|
Jakarta
|
Kerak telor, Ondel-ondel
|
3
|
Edo
|
Papua
|
Papeda, Honai
|
4
|
Beni
|
Jawa Barat
|
Karedok, Imah panggung
|
5
|
Lani
|
Bali
|
Sate lilit, Tari kecak
|
Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah
pertanyaan berikut.
1. Apakah
kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
Tidak, kami berasal dari daerah yang berbeda.
2. Apakah
kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!
Tidak, kami mempunyai ciri khas daerah yang berbeda.
3. Bagaimana
sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
Kami tetap saling menghargai walaupun berbeda, karena antara yang
satu dengan yang lain bisa saling melengkapi.
Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia
merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri.
Nah, sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah
kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!
No
|
Sikap Menghargai
Keberagaman
|
1
|
Bermain
bersama dengan teman yang berlainan agama.
|
2
|
Bermain bersama dengan teman yang
berbeda suku.
|
3
|
Menghargai kebudayaan dan ciri
khas daerah-daerah lainnya.
|
4
|
Tidak membeda-bedakan teman
karena berbeda minat.
|
5
|
Menghargai keputusan orang lain
yang berbeda pendapat.
|
Kamu juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai
keberagaman yang kamu ketahui.
No
|
Sikap Tidak Menghargai
Keberagaman
|
1
|
Bermain
hanya dengan teman yang satu suku bangsa.
|
2
|
Tidak mau bermain dengan teman
yang berlainan agama.
|
3
|
Tidak menghargai kebudayaan dan ciri
khas daerah-daerah lainnya.
|
4
|
Membeda-bedakan teman karena
berbeda minat.
|
5
|
Tidak menghargai keputusan orang
lain yang berbeda pendapat.
|
Tukarkan hasil pikiranmu dengan teman di sebelahmu.
Diskusikan hal-hal yang berbeda dan yang menarik bagimu.
Ayo Mengamati
Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah,
Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik
yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda.
Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik. Angklung
yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan. Saluang yang
berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Kendang yang berasal
dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.
referensi : Kelas 4 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 1
|
Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu
ketahui. Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya
bunyi pada alat musik tersebut!
No
|
Alat Musik
|
Daerah Asal
|
Cara Memainkan dan
Cara Menghasilkan Bunyi
|
1
|
Suling
|
Jawa
Barat
|
Alat
tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara
dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
|
2
|
Angklung
|
Jawa Barat
|
Angklung dimainkan dengan cara
digoyangkan, menyebabkan benturan badan pipa bambu sehingga menghasilkan
bunyi yang bergetar.
|
3
|
Kecapi
|
Jawa Barat
|
Kecapi dimainkan dengan cara
dipetik, sehingga menghasilkan bunyi dari getaran senar yang dipetik.
|
4
|
Kendang
|
Jawa Tengah & Jawa Barat
|
Kendang dimainkan dengan cara di
pukul, sehingga menimbulkan getaran udara di dalam kendang dan menghasilkan
bunyi.
|
5
|
Tifa
|
Maluku & Papua
|
Tifa dimainkan dengan cara di
pukul, sehingga menimbulkan getaran udara di dalam tifa dan menghasilkan
bunyi.
|
Kamu telah mengetahui berbagai alat musik dan cara
memainkannya. Tahukah kamu bahwa di sekitar kita juga banyak sekali benda yang
dapat menghasilkan bunyi?
Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima
benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan
berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).
Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
Nama Benda
|
Cara Menghasilkan
Bunyi
|
Peluit
|
Peluit
ditiup sehingga terjadi getaran udara dalam peluit, getaran tersebut
menghasilkan bunyi.
|
Biola
|
Biola digesek sehingga terjadi
getaran udara di dalam biola dan menghasilkan bunyi.
|
Gitar
|
Gitar dipetik sehingga terjadi
getaran udara di dalam gitar dan menghasilkan bunyi.
|
Piano
|
Piano ditekan kemudian martil
yang ada dalam perut piano akan memukul dawai sehingga bergetar dan
menghasilkan bunyi.
|
Gamelan
|
Gamelan di pukul sehingga terjadi
getaran udara di dalam gamelan dan menghasilkan bunyi.
|
Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh
benda-benda tadi?
Bunyi dihasilkan karena adanya getaran suatu benda dan mengakibatkan
udara di sekitarnya bergetar kemudian menimbulkan gelombang bunyi.
Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan kita indra pendengar.
Melalui indra ini, kita dapat mendengar dan menikmati hasil karya seni budaya
yang beragam. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang hal tersebut.
Bagaimana cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau
lebih pelan?
Semakin besar getaran suatu benda maka semakin keras bunyi yag
dihasilkan
Semakin kecil getaran suatu benda maka semakin pelan bunyi yang
dihasilkan.
Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang
bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya
bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda
yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas.
Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.
Ayo Mencoba
Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang
seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang
dihasilkan enak didengar. Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu
sudah enak didengar? Mengapa?
Belum, karena bunyinya tidak beraturan.
Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok
sehingga alat-alat yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?
Alat-alat yang dimainkan menghasilkan bunyi karena di beri getaran,
misalnya ditiup, digesek, dipetik, dipukul atau ditekan.
Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar
alat yang beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?
Dengan cara bekerja sama untuk menciptakan nada dan irama yang
harmonis.
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita
temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana
halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat, kehidupan nyata
yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap
orang dapat saling menghargai keberagaman.
Menghargai perbedaan akan memperkuat persatuan dan
kesatuan. Semua orang harus hidup rukun meskipun memiliki perbedaan.
referensi : Tematik SD Kelas
4 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 1
terimakasih
ReplyDeleteTerima kasih atas komentar dan kunjungannya, semoga bermanfaat 🥰
Delete