Referensi
: Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII |
BAB
I : Berita Seputar Indonesia
A. Menentukan Unsur-Unsur Berita
pengertian
berita
Kegiatan 1.1
1. Yang dimaksud dengan berita adalah informasi terbaru tentang suatu peristiwa.
2. Kegunaan
berita bagi pelajar adalah :
·
Mendapatkan informasi yang tepat.
·
Memperluas wawasan.
·
Menambah ilmu pengetahuan dari informasi yang didapatkan.
·
Sumber referensi suatu informasi.
·
menambah kosa kata.
·
Melatih kecepatan dan ketepatan membaca.
·
Mendapatkan ulasan mengenai hal-hal yang belum jelas.
·
Melatih komunikasi dengan baik.
·
Melatih keterampilan berpikir kritis.
3. Sumber-sumber
informasi lisan meliputi :
·
Sumber informasi audio (melalui pendengaran saja), contohnya :
-
Siaran radio.
-
Siaran pengeras suara.
-
Siaran rekaman suara radio.
-
Siaran rekaman wawancara.
-
Siaran rekaman pembacaan naskah.
·
Sumber informasi audiovisual (melalui pendengaran beserta
penglihatan), contohnya :
-
Pembacaan naskah langsung.
-
Ceramah / pidato.
-
Siaran televisi.
-
Siaran Podcast.
-
Siaran Youtube.
-
Seminar.
-
Diskusi.
-
Wawancara.
-
Penjelasan guru di kelas.
4. Kelebihan
informasi yang disampaikan melalui televisi dibandingkan dengan radio adalah informasi melalui
televisi lebih lengkap dan jelas karena berupa suara sekaligus gambar.
5. Macam-macam
informasi yang disampaikan melalui radio/televisi mencakup :
·
Informasi Akurat (informasi berdasarkan fakta).
·
Informasi Aktual (informasi
kejadian yang sedang diperbincangkan banyak orang).
·
Informasi Terkini (informasi
kejadian yang terbaru).
Unsur-Unsur
Berita
Unsur berita adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat berita.
Unsur-unsur berita yang lengkap menggunakan rumus 5W + 1H
atau enam unsur berita yang disingkat dengan ADIKSIMBA :
1. What
- Peristiwa apa yang terjadi?
2. Who -
Siapa yang mengalami peristiwa itu?
3. Where - Di
mana peristiwa itu terjadi?
4. When -
Kapan peristiwa itu terjadi?
5. Why -
Mengapa peristiwa itu terjadi?
6. How -
Bagaimana proses terjadinya
peristiwa?
Kegiatan 1.2
A. Manakah berita yang mengandung informasi di bidang
pendidikan?
No. |
Contoh Informasi |
Ya / Bukan |
Alasan |
1. |
Peralatan praktikum sekolah itu ada yang mencuri tadi malam.
|
Bukan |
Karena topik beritanya tentang pencurian. |
2. |
Penyelenggarakan lomba
menulis cerpen oleh dinas kabupaten pada awal bulan depan.
|
Ya |
Karena topik beritanya tentang lomba menulis cerpen (bidang pendidikan) |
3. |
Bapak kepala sekolah kami baru saja menghadiri undangan pernikahan keluarganya di balai kelurahan.
|
Bukan |
Karena topik beritanya tentang pernikahan keluarga kepala sekolah. |
4. |
Bahan bangunan untuk pendirian sekolah itu berasal dari kabupaten lain.
|
Ya |
Karena topik beritanya tentang pendirian sekolah (bidang pendidikan)
|
5. |
Seminar bahaya narkoba sering diselenggarakan di sekolah-sekolah akhir-akhir ini.
|
Ya |
Karena topik beritanya tentang seminar di sekolah (bidang pendidikan)
|
B. Berdasarkan isinya, apa topik berita-berita di bawah
ini: peristiwa alam
(A), peristiwa sosial (S), peristiwa politik (P)?
No. |
Contoh Informasi |
Jenis |
||
A |
S |
P |
||
1. |
Telah terjadi gempa
susulan di Dompu, Nusa Tenggara Barat.
|
* |
|
|
2. |
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pengantaran, Jawa Barat membuka lomba membaca puisi tingkat SMP.
|
|
* |
|
3. |
Menteri Tenaga Kerja dua hari yang lalu mengunjungi lokasi terjadinya demonstrasi para buruh di depan pabrik tekstil Aria Raga, Kota Jambi.
|
|
|
* |
4. |
Konflik Palestina–Israel menjadi bahasa utama pada seminar para menteri luar negeri di Bali kemarin.
|
|
|
* |
5. |
Siti Albarqah memenangi lomba menulis cerpen antarpelajar se-Kalimantan Barat. |
|
* |
|
#Rangkuman Buku
Paket Bahasa Indonesia Kelas 8
Yes
ReplyDeleteyy
ReplyDelete