Peta Pikiran Bunga Teratai | nurainins
Ayo Mengamati
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Bunga
Teratai
Tahukah kamu bunga teratai? Tanaman ini tumbuh di air.
Agar dapat menyesuaikan diri, tanaman ini memiliki akar di bawah air. Tangkai
daunnya tumbuh menjalar sehingga daun teratai dapat mengapung di air.
Daun teratai bundar dan lebar, fungsinya adalah agar daun
dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Hal ini akan berdampak saat
penguapan air dan berfotosintesis. Daun teratai memiliki larutan yang
bermanfaat sebagai pembersih daun.
Teratai memiliki batang dengan rongga di dalamnya. Rongga
ini berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar. Meskipun akar berada di
dalam air, akar masih tetap dapat bernapas.
Bagaimana bunga teratai beradaptasi dengan lingkungannya?
Diskusikan pendapatmu secara berkelompok.
·
Kamu dan kelompokmu akan berpetualang di
lingkungan sekolah. Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah
tersedia berbagai jenis tumbuhan.
·
Tugas kelompokmu adalah mengumpulkan
informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan dan habitatnya, mencatatnya,
dan mendiskusikannya dalam kelompok.
·
Pilih satu tanaman, lalu temukan ciri-ciri
dan cara beradaptasinya. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada peta
pikiran berikut!
·
Tulislah laporan berdasarkan informasi yang
kamu tulis pada peta pikiranmu!
PETA PIKIRAN : BUNGA TERATAI
BUNGA TERATAI |
|
Apa |
Bunga Teratai |
Mengapa |
Karena untuk menyesuaikan diri,
tanaman ini memiliki akar di bawah air. |
Siapa |
---- |
Bagaimana |
·
Daun
teratai bundar dan lebar agar daun dapat menyerap cahaya matahari
sebanyak-banyaknya ·
Teratai memiliki
batang dengan rongga di dalamnya yang berfungsi untuk membawa oksigen ke
batang dan akar. |
Kapan |
Bunga teratai mekar di pagi hari
dan tenggelam di bawah air di sore hari. |
Di mana |
Bunga teratai tumbuh di air. |
Kamu bisa menyampaikan tulisanmu kepada teman dalam
kelompokmu, kemudian menyerahkan kepada gurumu.
Seperti tumbuhan, manusia memiliki cara berbeda dalam
beradaptasi. Perbedaan yang ada bukan untuk dipermasalahkan, namun untuk
disyukuri.
Tuhan menciptakan kita berbeda-beda agar kita saling
mengenal dan saling menghargai. Perbedaan merupakan anugerah.
#Kelas 6 Tema 2 Subtema 1: Rukun dalam Perbedaan
Pembelajaran 1
Comments
Post a Comment
Silahkan komentar disini