7 Ungkapan Rasa Sayang Terhadap Hewan | nurainins blog

image : scoop.it

Ada banyak cara di mana kita dapat menanamkan cinta dan rasa sayang yang lebih besar kepada hewan. Kasih sayang dan kepedulian terhadap makhluk ini tidak hanya bermanfaat bagi hewan di dunia, tetapi juga membangun karakter untuk berkembang menjadi manusia yang utuh, yang mendekati dunia dengan kepedulian dan rasa hormat terhadap orang lain, serta bagaimana cara memperlakukan satu sama lain dalam bersosialisasi.


Jadi bagaimana kita bisa memupuk kecintaan pada hewan? berikut ini salah satu cara mengungkapkan rasa sayang pada hewan :


1. Memeliharanya dengan Baik

 

Memelihara hewan ternyata memiliki berbagai manfaat, mulai dari segi kesehatan fisik maupun mental, mengurangi kesepian serta meredakan stress.  Jika memiliki hewan peliharaan ada hal-hal yang secara khusus harus diperhatikan. Karena hewan peliharaan juga memerlukan perawatan yang baik agar bisa tumbuh, sehat dan tidak terjangkit penyakit.

 

2. Memberinya Makanan dan Minuman

 

Memberikan makan secukupnya, tidak perlu berlebihan. Pemberian makan haruslah teratur, tidak terlalu sering ataupun sebaliknya. Perlu diperhatikan kandungan gizi dari makanan yang diberikan, layaknya manusia mereka juga membutuhkan makanan sehat.

 

3. Memberinya Kandang yang Layak

 

Kandang yang baik untuk hewan peliharaan adalah yang jauh dari keramaian. Mempermudah hewan untuk membuang kotoran, kandang bisa diberi lubang atau tempat khusus membuang kotoran serta tersedia tempat tidur yang nyaman.

 

4. Biarkan Hewan Bebas Bermain

 

Menakut-nakutinya, memakaikan baju ataupun dirantai dalam waktu yang lama membuat hewan merasa tidak nyaman. Membiarkan hewan peliharaan bebas bermain dapat menjamin kesejahteraan mereka.

 

5. Memandikan/membersihkan Tubuhnya

 

Membersihkan tubuh hewan secara berkala. Sesuaikan dan pastikan setiap hari untuk mengecek keadaan tubuhnya, jika kotor dan bau segera bersihkan saat itu juga. Serta perlu dibuatkan jadwal agar bisa memandikan bersamaan dengan penggunaan obat kutu.

 

6. Bawa ke Dokter

 

Pastikan kondisi hewan selalu dalam keadaan sehat. Bawa ke dokter 3 bulan sekali untuk mengecek kesehatannya. Berikan vaksinasi untuk hewan peliharaan untuk mencegah penyakit.

 

7. Memijat Hewan Peliharaan

 

Seperti manusia, hewan peliharaan juga memerlukan pijatan yang berfungsi melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga kesehatan hewan juga terjaga dengan baik serta membangun kedekatan secara emosional dengan pemilik.

 

# Ungkapan Rasa Sayang Terhadap Hewan Peliharaan

# Cara Mengungkapkan Rasa Sayang Terhadap Binatang Peliharaan


image : isabella-pinterest 

Comments