IPA KELAS 8 BAB 7 : Aktivitas Menyelidiki Transportasi pada Tumbuhan | nurainins blog

Mekanisme pengangkutan air pada tumbuhan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu air masuk ke dalam sel akar melalui peristiwa osmosis kemudian masuk ke xilem akar. Air bergerak dari xilem akar menuju xilem batang dan selanjutnya menuju ke xilem yang berada di daun. Air dapat diangkut naik dari akar ke bagian tumbuhan lain yang lebih tinggi dan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan karena adanya daya kapilaritas batang dan daya isap daun.


Mekanisme pengangkutan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan terjadi melalui pembuluh floem. Perjalanan zat-zat hasil fotosintesis dimulai dari sumbernya, yaitu daun (daerah yang memiliki konsentrasi gula tinggi) ke bagian tanaman lain yang dituju (daerah yang memiliki konsentrasi gula rendah).


Jawaban Ayo, Kita Diskusikan :

Bagaimana tumbuhan yang tinggi dapat mengangkut air yang ada di dalam tanah menuju daun yang letaknya lebih dari 10 m dari akar?

Karena tumbuhan memiliki mekanisme pengangkutan air mulai dari akar yaitu melalui daya kapilaritas batang, daya tekan akar dan daya hisap daun.


Agar lebih memahami konsep tersebut, ayo lakukan Aktivitas 7.6 tentang transportasi pada tumbuhan berikut ini :


Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 7.6 Menyelidiki Transportasi pada Tumbuhan


Jawaban :

1.   Yang terjadi pada tumbuhan pacar air sebelum dan sesudah diletakkan dalam air selama 2 jam :

Pacar air sebelum diletakkan di dalam air daunnya layu, sedangkan setelah diletakkan ke dalam air daunnya terlihat segar.

 

2.   Apakah ada perbedaan warna pertulangan daun antara daun tumbuhan pacar air sebelum dan sesudah diletakkan dalam air selama 2 jam?

Ada.

Sebelum diletakkan di dalam air warna pertulangan air putih kehijauan dan setelah diletakkan di dalam air warna pertulangan daun sesuai dengan pewarna. Warna pertulangan daun pada pacar air yang diletakkan di dalam air tanpa pewarna tetap putih kehijauan.

 

3.   Berdasarkan hasil pengamatan bagian batang yang berwarna, jaringan yang berperan pada peristiwa tersebut adalah :

Jaringan xilem yaitu jaringan pembuluh yang berfungsi mengangkut air dan nutrisi yang diserap akar ke seluruh bagian tumbuhan.

 

4.   Proses pengangkutan air dan zat terlarut hingga sampai ke daun pada tumbuhan dipengaruhi oleh :

 ·        Daya kapilaritas batang : pembuluh xilem yang terdapat pada tumbuhan dianggap sebagai pipa kapiler. Air akan naik melalui pembuluh kayu sebagai akibat dari gaya adhesi antara dinding pembuluh kayu dengan molekul air.

·        Daya tekan akar : tekanan akar pada setiap tumbuhan berbeda-beda. Besarnya tekanan akar dipengaruhi besar kecil dan tinggi rendahnya tumbuhan (0,7 - 2,0 Atm). Bukti adanya tekanan akar adalah pada batang yang dipotong, maka air tampak menggenang di permukaan tunggaknya.

·        Daya hisap daun : disebabkan adanya penguapan (transpirasi) air dari daun yang besarnya berbanding lurus dengan luas bidang penguapan (intensitas penguapan).


Kesimpulan:

Air dapat diangkut naik dari akar ke bagian tumbuhan lain yang lebih tinggi dan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan karena adanya daya kapilaritas batang, daya tekan akar serta daya hisap daun.


Soal :

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 7.6 Menyelidiki Transportasi pada Tumbuhan

 

Apa yang kamu perlukan?

1.   Pewarna makanan (warna merah dan biru)

2.   1,5 L air

3.   3 gelas air mineral

4.   3 tumbuhan pacar air (Impatiens balsamina)

5.   Mikroskop

6.   Silet

7.   Nampan

8.   Kaca benda dan kaca penutup

9.   Pipet tetes

 

Apa yang kamu lakukan?

1.   Letakkan tumbuhan pacar air di ruang terbuka sehingga sedikit layu. Amati warna pertulangan daun pada bagian bawah daun tumbuhan pacar air!

2.   Tuangkan air setinggi 5-6 cm pada masing-masing gelas air mineral!

3.   Teteskan pewarna makanan pada kedua gelas air mineral! Biarkan satu gelas air mineral hanya berisi air, tanpa pewarna. Berhati-hatilah ketika menuang pewarna, karena dapat mengotori pakaianmu!

4.   Letakkan tumbuhan pacar air, pada masing-masing gelas air mineral! Biarkan selama 2 jam! Perhatikan Gambar 7.18!

5.   Amati perubahan pada daun pacar air setelah tumbuhan dibiarkan selama 2 jam dalam gelas air mineral tersebut! Apakah daun menjadi segar atau tetap dalam keadaan layu?

6.   Amati warna pertulangan daun pada bagian bawah daun tumbuhan pacar air yang diletakkan dalam gelas air mineral berisi air berwarna! Apakah pertulangan daun berwarna merah atau biru?

7.   Buatlah sayatan melintang pada batang tumbuhan pacar air yang diletakkan dalam gelas air mineral berisi air berwarna menggunakan silet! Usahakan irisan setipis mungkin dan berhati-hatilah ketika menggunakan silet, karena dapat melukai tanganmu!

8.   Letakkan sayatan tersebut pada kaca benda, lalu tetesi dengan air!

9.   Tutuplah kedua kaca benda tersebut dengan kaca penutup!

10.    Amatilah preparat yang telah dibuat menggunakan mikroskop dengan perbesaran 40 kali atau perbesaran yang lebih tinggi, misalnya 100 kali atau 400 kali!

11.    Perhatikan bagian yang berwarna merah atau berwarna biru! Apa nama jaringan yang berwarna tersebut? Apa fungsinya?

12.    Catatlah hasil pengamatanmu dengan cermat!

 

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1.   Apa yang terjadi pada tumbuhan pacar air sebelum dan sesudah diletakkan dalam air selama 2 jam?

2.   Apakah ada perbedaan warna pertulangan daun antara daun tumbuhan pacar air sebelum dan sesudah diletakkan dalam air selama 2 jam?

3.   Berdasarkan hasil pengamatan bagian batang yang berwarna, jaringan apa yang berperan pada peristiwa tersebut?

4.   Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi?

 

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

 

Referensi : Buku Siswa IPA Kelas VIII

# Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 24 Bab 7 : Aktivitas 7.6 Menyelidiki Transportasi pada Tumbuhan

Comments

Post a Comment

Silahkan komentar disini