Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup Kelas 3 | nurainins blog

KUNCI JAWABAN KELAS 3


TEMA 1 - SUBTEMA 1 

Pembelajaran 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup - Klik disini
Pembelajaran 2 Ciri-ciri Makhluk Hidup - Klik disini
Pembelajaran 3 Ciri-ciri Makhluk Hidup - Klik disini
Pembelajaran 4 Ciri-ciri Makhluk Hidup - Klik disini
Pembelajaran 5 Ciri-ciri Makhluk Hidup - Klik disini
Pembelajaran 6 Ciri-ciri Makhluk Hidup - Klik disini

TEMA 1 - SUBTEMA 2  - Klik disini


TEMA 1 - SUBTEMA 3 - Klik disini


TEMA 1 - SUBTEMA 4 - Klik disini

TEMA 2 - SUBTEMA 1 - Klik disini

TEMA 2 - SUBTEMA 2 Klik disini 

Kunci Jawaban Tematik SD Kelas 3 : Ciri-ciri Makhluk Hidup Pembelajaran 5 (halaman 37)


Ayo Menulis

Perhatikan gambar berikut ini!


Bekerjalah dengan cara berkelompok!

Buatlah cerita berdasarkan gambar di atas. Buatlah cerita pada tempat yang sudah disediakan di halaman berikutnya! Ceritakan hasil kerja kelompokmu di depan kelompok yang lain!

Gambar 1 :
Pada suatu hari Udin, Beni dan Edo bermain bersama di lapangan. Mereka mencari cacing untuk digunakan sebagai umpan memancing.
Gambar 2 :
Setelah bermain mereka kembali ke rumah Beni. Di rumah Beni sudah menyiapkan kue. Sebelum makan, Beni dan Udin mencuci tangan terlebih dahulu, sedangkan Edo tidak mau mencuci tangan.
Gambar 3 :
Edo makan kue dengan sangat  lahap. Karena merasa sangat lapar, ia habiskan semua kuenya.
Gambar 4 :
Keesokan harinya Udin dan Beni mendapat kabar kalau Edo sedang sakit. Kemudian mereka menjenguk Edo. Ternyata Edo sakit karena ia lalai tidak menjaga kebersihan saat makan.

Ayo Berdiskusi


Perhatikan kembali gambar seri di depan! Apa yang dilakukan salah satu teman Udin sehingga ia jatuh sakit?
Tuliskan pada tempat yang tersedia
  
Edo sakit karena ia lalai tidak menjaga kebersihan. Saat mereka mencari cacing, Edo memegang langsung cacingnya dengan tangan kemudian sebelum makan ia tidak mencuci tangan lagi.

Ayo Bercerita

Aturan Sebelum Makan
Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Untuk bertumbuh makhluk hidup perlu makanan dan air. Makanan yang baik untuk pertumbuhan adalah makanan yang bersih dan sehat.

Kebersihan makanan juga akan mempengaruhi pertumbuhan. Jika makanan yang kita makan tidak bersih, kesehatan dan pertumbuhan kita akan terpengaruh.

Salah satu cara menjaga makanan agar tetap bersih adalah dengan menutup makanan. Hal ini perlu dilakukan agar makanan tidak dihinggapi lalat atau hewan lainnya. Makanan dapat menjadi tempat lalat bertelur yang menyebabkan makanan menjadi kotor.

Selain menjaga kebersihan, kita juga harus berdoa sebelum makan. Berdoa untuk berterima kasih atas karunia yang diberikan-Nya.

Makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan makanan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan contoh sikap bersyukur.

Sikap bersyukur merupakan pengamalan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Jika kita sudah makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan, berarti kita sudah melaksanakan sila pertama Pancasila.

Berdoa juga menunjukkan sikap berterima kasih kepada Tuhan. Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan juga merupakan contoh pengamalan sila pertama Pancasila.

Tuliskan kebiasaan yang kamu lakukan sebelum makan. Lalu, ceritakan di depan teman-temanmu!

Kebiasaan yang saya lakukan sebelum makan adalah mencuci tangan sampai bersih dan berdoa sebelum makan.

Bandingkan kebiasaanmu dengan kebiasaan temanmu. Adakah kebiasaan makan yang baik, tetapi belum kamu lakukan? Bagaimana kamu akan melakukannya?

Saat makan saya tidak berbicara, makan dengan posisi duduk dan tidak tergesa-gesa.

Ayo Berlatih

Susu sapi adalah salah satu contoh makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa perusahan memproduksi susu sapi dalam bentuk kemasan kotak siap saji agar mudah dikonsumsi. Berikut ini adalah jumlah susu kemasan kotak yang dapat dihasilkan oleh beberapa perusahaan.


No

Perusahaan
Jumlah susu kemasaan yang dihasilkan per bulan
1
Perusahaan A
1.200 kotak
2
Perusahaan B
3.000 kotak
3
Perusahaan C
4.800 kotak
4
Perusahaan D
3.250 kotak
5
Perusahaan E
2.200 kotak

Berdasarkan daftar tersebut, selesaikan beberapa persoalan berikut ini!

1.   Manakah perusahaan yang menghasilkan susu kemasan kotak paling banyak setiap bulan?
Perusahaan C

2.   Manakah perusahaan yang menghasilkan susu kemasan kotak paling sedikit setiap bulan?
Perusahaan A

Contoh:
Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahan A dan D?
Permasalahan tersebut diselesaikan dengan penjumlahan. Penjumlahan dapat dilakukan dengan cara susun ke bawah. Letakkan bilangan sejajar sesuai nilai tempatnya, lalu jumlahkan sesuai kelompok.
Cara menyelesaikan.
Perusahaan A menghasilkan 1.200 kotak.
Perusahaan D menghasilkan 3.250 kotak.
Jumlah susu kotak semuanya:
1.200
3.250 +
 4.450

Selesaikan soal-soal berikut ini!
1.   Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan A dan B?
1.200
3.000 +
4.200

2.   Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan B dan E?
3.000
2.200 +
5.200

3.   Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan A dan E?
1.200
2.200 +
3.400

4.   Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan B dan C?
3.000
4.800 +
7.800

5.   Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan A dan C?
1.200
4.800 +
6.000

Comments