Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 : Iklan, Sarana Komunikasi | nurainins.blogspot

Referensi : Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII

 

BAB II : IKLAN, SARANA KOMUNIKASI

 

A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster


Kegiatan 2.1

 

1.   Apa yang dimaksud dengan iklan?

Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan membujuk khalayak untuk menggunakan barang atau jasa yang diberitahukan.

 

2.   Apa fungsi iklan?

Fungsi iklan adalah :

·        Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.

·        Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.

·        Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

·        Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.

 

3.   Di mana saja iklan itu bisa kamu temukan?

Iklan dapat ditemukan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet serta dipajang di tempat-tempat umum.

 

4.   Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan?

·        Bagi pemerintah, iklan berfungsi untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

·        Bagi perusahaan, iklan berfungsi untuk menjual barang dan jasa.

 

5.   Apa persamaan iklan, slogan, dengan poster?

Persamaan iklan, slogan dengan poster adalah :

·        Bertujuan untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu.

·        Menggunakan unsur kata-kata yang menarik.

 

·        Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

 

Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu.

Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster :

a.   Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.

b.   Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata.

c.   Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.

 

Kegiatan 2.2

 

1.   Perhatikanlah iklan-iklan di bawah ini!

Secara berdiskusi, jelaskanlah jenis produk yang ditawarkan dalam iklan-iklan berikut! Apakah kamu tertarik dengan dengan iklan-iklan tersebut?

 

Bentuk Teks

Jenis Produk

Ketertarikan


 

Jasa pembayaran pajak

 

 

BUKTI CINTA TANAH AIR

 

Mengajak warga untuk membayar pajak demi membangun negeri.

 


 

Jasa antar barang

 

BARANG AMAN SAMPAI TUJUAN

 

Perusahaan menjamin pelayanan jasa antar yang diberikan.

 


2.   Jelaskan makna slogan-slogan berikut! Ditujukan kepada siapakah slogan-slogan tersebut?

 

Slogan

Makna

 

Pihak Tertuju

 

 

a. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan.

 

 

Dengan membaca buku, menambah pengetahuan dan wawasan.

 

 

Semua orang terutama pelajar.

 

b. Mulutmu adalah harimaumu

 

 

Berhati-hati dengan lisan sendiri.

 

 

Semua orang.

 

c. Sorga ada di telapak kaki ibu.

 

 

Berbakti kepada ibu yang telah mengandung dan membesarkan anaknya.

 

Semua orang.

 

 

d. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

 

  

Segala sesuatu akan berhasil apabila dikerjakan secara bergotong-royong.

 

 

Semua orang.

 

e. Pembeli adalah raja.

 

 

Penjual memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli

 

Penjual barang atau jasa.

 

Comments

  1. Perhatikan gambar iklan layanan masyarakat di bawah ini. Kemudian tentukan unsur-unsur pembentuk iklan dengan mengisi tabel berikut!


    Unsur-unsur pembentuk iklan
    Bukti kalimat dalam iklan
    Sumber


    Pesan


    Media


    Penerima


    Efek


    Umpan balik


    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan komentar disini