Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan Kelas 3 | nurainins blog

KUNCI JAWABAN KELAS 3


TEMA 1 - SUBTEMA 1 - Klik disini
TEMA 1 - SUBTEMA 2 - Klik disini
TEMA 1 - SUBTEMA 3
Pembelajaran 1 Pertumbuhan Hewan - Klik disini
Pembelajaran 2 Pertumbuhan Hewan - Klik disini
Pembelajaran 3 Pertumbuhan Hewan - Klik disini
Pembelajaran 4 Pertumbuhan Hewan - Klik disini
Pembelajaran 5 Pertumbuhan Hewan - Klik disini
Pembelajaran 6 Pertumbuhan Hewan - Klik disini

TEMA 1 - SUBTEMA 4 - Klik disini

TEMA 2 - SUBTEMA 1 - Klik disini 
TEMA 2 - SUBTEMA 2 Klik disini

Kunci Jawaban Tematik SD Kelas 3 : Pertumbuhan Hewan Subtema 3 Pembelajaran 4 (halaman 124)


Ayo Mengamati

 

Kamu sudah mempelajari pertumbuhan hewan. Kamu juga sudah mempelajari perkembangbiakan hewan. Hewan berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Setiap tahapan perkembangbiakan hewan juga berbeda-beda.

 

Amati gambar di bawah ini. Ada gambar telur ayam, anak ayam, dan induk ayam. Ada juga gambar kupu-kupu.

 


Gambar di atas menunjukkan daur hidup kupukupu. Setelah beberapa hari, telur kupu-kupu menetas menjadi ulat. Ulat memakan daundaunan sehingga tubuhnya menjadi besar. Ulat mencari tempat untuk berdiam diri dan membentuk kepompong. Setelah itu, tubuh ulat berubah menjadi kupu-kupu. Semua mahluk hidup memiliki daur hidup. Betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.

 

Ceritakan setiap tahapan daur hidup kupu-kupu menggunakan kalimatmu sendiri.

 

Tahap pertama telur

Telur kupu-kupu biasanya berada di permukaan daun. Telur akan menetas ketika berumur 3 - 5 hari kemudian menjadi ulat (larva).

Tahap kedua ulat

Ulat (larva) mempertahankan hidupnya dengan makan dedaunan. Ketika ulat mencapai pertumbuhan maksimal, maka ulat akan berhenti makan dan beristirahat sekitar 10 hari. Ulat segera membuat sarang dari air liurnya. Air liurnya mengeras membentuk bahan semacam benang sutra yang melekat pada daun atau batang hingga benang itu menutup seluruh tubuh ulat, yang disebut kepompong (pupa).

Tahap ketiga kepompong

Selama masa kepompong (pupa), ulat berubah menjadi kupu-kupu. Masa kepompong berlangsung selama 7 - 20 hari. Jika proses pembentukan kupu-kupu telah sempurna, kupu-kupu keluar dari kepompong.

Tahap keempat kupu-kupu

Saat awal keluar dari pupa, sayap kupu-kupu tampak kusut dan kecil serta masih basah karena sebelumnya berada dalam kepompong. Terdapat cairan hemolymph pada kupu-kupu agar dapat membentangkan sayap dan menumbuhkan tubuhnya untuk terbang.

 

Ayo Berlatih

 

Tuliskan dua pertanyaan berdasarkan gambar kupu-kupu di samping.

1.   Bagaimana cara kupu-kupu makan untuk mempertahankan hidupnya?

Kupu-kupu hidup dengan memakan nektar yang ada di dasar bunga.

2.   Mengapa sayap kupu-kupu berwarna-warni?

Sayap kupu-kupu berwarna-warni karena pengaruh dari pigmen-pigmen warna yang ada pada rusuk di setiap sisik kupu-kupu serta pantulan cahaya matahari.

 

Ada banyak jenis kupu-kupu yang dapat kita temui di sekitar kita. Ukuran kupu-kupu ada yang besar dan ada yang kecil dengan bermacam-macam warna dan motif. Mari mencoba menirukan gerak sesuai tahapan daur hidup kupu-kupu.

 

Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pengalamanmu saat menirukan gerak daur hidup kupu-kupu.

 

1. Manakah gerakan yang paling senang kamu tirukan?

·        Posisi tidur terlentang sambil mendekap kaki dan badan (gerak telur).

·        Posisi badan merangkak (gerak ulat ).

·        Posisi berdiri. Tangan mengepal dan disimpan di atas kepala. Salah satu kaki diangkat menyerupai gerak menggantung pada pohon (gerak kepompong).

·        Posisi badan berdiri dan tangan terbuka. Kemudian bergerak seperti gerak kupu-kupu, berlari sambil melompat-lompat.

 

2. Manakah gerakan yang paling mudah kamu tirukan?

Posisi badan berdiri dan tangan terbuka. Kemudian bergerak seperti gerak kupu-kupu, berlari sambil melompat-lompat.

 

3. Manakah gerak yang paling sulit kamu tirukan?

Posisi berdiri. Tangan mengepal dan disimpan di atas kepala. Salah satu kaki diangkat menyerupai gerak menggantung pada pohon (gerak kepompong).

 

Ceritakan pengalamanmu saat memberi saran!

Memberi saran dengan baik terhadap teman juga termasuk sikap menghargai teman. Kita harus memberikan saran yang baik jika melihat teman kita melakukan hal yang keliru. Ini kita lakukan sebagai tanda kita menyayangi teman.

Menyayangi teman termasuk pengamalan sila kedua Pancasila. Sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab.

Comments